banner 1280x400

Areal Persawahan Bumirestu Dilintasi Proyek Tol Air

Istimewa
image_pdfimage_print

LAMPUNG SELATAN (Exspost.com) — Areal persawahan Rawa Sragi Lampung Selatan bakal mendapat sulpay air dari Bendungan Waway Karya Lampung Timur melalui proyek tol air. Salah satunya yang dilintasi proyek tersebut yakni Desa Bumirestu, Kecamatan Palas.

Proyek pembangunan tol air dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dirjen Sumber Daya Air, dan Direktorat Irigasi dan Rawa ini telah sampai di Desa Bumirestu Kecamatan Palas.

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Desa Bumirestu, Sukiman. Pembangunan itu telah sampai pada proses pengeboran tiang panjang jembatan talang air.

“Pekan kemarin kan sudah ada obeservasi dari Balai Besar untuk mengambil sampel tanah. Hari pengerjaan pertama pengeboran tiang pancang,” kata Sukiman Selasa 17 Januari 2023.

Berdasarkan keterangan Tim Balai Besar, sambung sukiman, proyek tol air ini akan menyuplai air untuk 9.000 hektar area persawahan Rawa Sragi yang meliputi wilayah Waway Karya Lampung Timur, Kemudian Candipuro, dan Kecamatan Palas. Sementara, untuk di Desa Bumirestu, tol air ini ditempatkan diarea persawahan Pulomutung.

“Ada tiga kecamatan yang akan dilintasi pembangunan tol air, salah satunya Palas ini ditargetkan rampung selama tiga tahun. Untuk di Desa Bumi Restu ini pembangunan tol air berlokasi di area persawahan Pulomutung,” kata dia.

Sukiman mengatakan, proyek pemerintah pusat ini tentunya akan sangat membantu petani dalam memenuhi pasokan air. Sebab, selama ini petani di desanya masih kesulitan air pada saat musim kemarau.

“Proyek ini memang sangat ditunggu petani. Sebab selama ini petani selalu kesulitan air, saat ini saja petani belum bisa tanam karena tidak ada air padahal musim hujan. Apalagi saat musim kemarau nanti,” kata dia.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *