banner 1280x400

Tahun Ini, 42 Desa di Lamsel Gelar Pilkades Serentak

image_pdfimage_print

LAMPUNG SELATAN, Exspost.com — Sebanyak 42 desa di Lampung Selatan akan melaksanakan Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Lamsel pada 2023. Hal tersebut dikarenakan masa jabatan masing-masing kepala desa berakhir pada tahun ini.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamsel, Dicki Yuricki mengaku Pilkades serentak dipastikan akan digelar pada 2023. Meski demikian, waktu pelaksanaan itu hingga kini belum ditentukan.

“Kami masih menunggu instruksi pimpinan terkait waktu pelaksanaannya, mas. Yang jelas, tahun ini ada 42 desa yang akan menggelar Pilkades serentak,” kata dia saat dihubungi melalui sambungan WhatsApp, Selasa, 24 Januari 2023.

Namun, Dicky memastikan Pilkades serentak itu akan digelar sebelum November mendatang. Hal tersebut sesuai sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.3.5.5/244/SJ perihal pelaksanaan pilkades pada masa Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

“Pilkades dapat dilaksanakan sebelum 1 November 2023 dengan berpedoman pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Hanya waktunya masih menunggu pimpinan,” katanya.

Dia memperkirakan pelaksanaan Pilkades serentak direncanakan akan digelar pada pertengahan 2023. Sebab, sebagian besar masa jabatan masing-masing kepala desa berakhir pada Juni 2023.

“Dari 17 Kecamatan, hanya ada empat Kecamatan yang tidak menggelar Pilkades, yakni Natar, Bakauheni, Way Panji, dan Merbau Mataram,” kata dia. MAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *