Ada Lonjakan Harga Pangan, Bupati Lampung Timur Bakal Operasi Pasar

Print Friendly, PDF & Email
image_pdfimage_print
LAMPUNG TIMUR, Exspost.com — Bupati Lampung Timur, Dawam Rahardjo mengatakan bakal menggelar operasi pasar jika ada lonjakan harga pangan saat Ramadan atau jelang Idul Fitri 2023.

Dawam Rahardjo mengatakan saat ini pihaknya masih terus memantau pergerakan harga komoditas pangan di wilayah Lampung Timur.

“Kita pantau dulu, jika diperkirakan ada harga yang melonjak, kita akan lakukan operasi pasar kembali,” kata Dawam Rahardjo, saat diwawancarai di Desa Sadar Sriwijaya, Kamis (23/3/2023).

Sementara itu, di awal Ramadan, harga sejumlah komoditas pangan di Lampung Timur masih cenderung bergerak stabil. Hanya harga cabai merah yang kini mengalami penurunan cukup drastis alias anjlok.

“Menjelang Ramadan hingga masuk awal puasa ini, harga cabai merah anjlok. Sebelumnya sampai Rp 50 ribu kini hanya Rp 25 ribu per Kilogramnya,” kata Susi, pedagang sayuran di Pasar Way Jepara, Lampung Timur, Kamis (23/3/2023).

Sementara itu, untuk harga cabai rawit masih stabil diangka Rp 35 ribu per kilogram, kemudian bawang merah dan bawah putih di harga kisaran Rp 32 ribu per kilogram.

“Harga sayuran lainya turun sedikit, tetapi masih relatif stabil,” ujarnya

Sedangkan untuk harga daging ayam potong bersih saat ini dijual di harga Rp 33 ribu per kilogram. Meski sempat naik Rp 1.000 per kilogram saat jelang Ramadan, namun kini sudah kembali normal.

Untuk harga telur ras juga masih relatif sama saat jelang Ramadan hingga masuk awal puasa ini diharga Rp 27 ribu per kilogram.

“Harga telur masih sama hingga hari ini. Biasanya ada kenaikan saat jelang Idul Fitri nanti,” ujar Umi, penjual telur ras di Kecamatan Way Jepara.
Ditempat yang sama, untuk harga daging sapi kampung berada diangka Rp 130 ribu per kilogram, atau naik Rp 5.000 sejak saat menjelang Ramadan.

“Daging sapi per kilonya saat ini Rp 130 ribu. Kalau mendekati Idul Fitri biasanya bisa sampai Rp 140 ribu,” kata Misdar, penjual daging sapi.

Ditempat lain distributor penjual beras di kecamatan Way Jepara menjelaskan bahwa harga saat ini masih relatif stabil atau tidak berubah dari beberapa minggu sebelumnya. Untuk beras kualitas biasa jenis Ciherang dijual Rp 10.500 per kilogram.

“Kalau untuk beras premium jenis Mapan di harga Rp 11.500 per kilonya. Kayaknya harga tersebut agak turun sedikit dari beberapa minggu sebelumnya,” kata Heri, distributor beras dari Kecamatan Way Jepara. **

banner 828x269

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 720 x 719