Begini Persiapan PT ASDP Cabang Bakauheni Hadapi Angkutan Lebaran 2023

Print Friendly, PDF & Email
image_pdfimage_print

LAMPUNG SELATAN, Exspost.com — PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, paparkan sejumlah persiapan untuk menghadapi Angkutan Lebaran (Angleb) 2023. Persiapan itu untuk menjamin kelancaran perjalanan pengguna jasa penyeberangan selama arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang.

Pemaparan tersebut disampaikan GM. PT. ASDP Cabang Bakauheni, Capt. Rudi Sunarko, yang didampingi Humas ASDP Cabang Bakauheni, Syaiful Harahap saat konferensi Pers, sekaligus bersilaturahmi bersama puluhan jurnalis di ruang VIP ASDP Bakauheni, Kamis 6 April 2023.

Rudi Sunarko mengatakan Angleb 2023 berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Sebab, tahun ini tidak lagi diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 2021 dan 2022.

“Rencana Angleb 2023 ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jasa penyebrangan, agar lancar aman, nyaman dan terintergrasi dengan baik,” kata dia.

Untuk menghadapi Angleb 2023, kata Rudi, pihaknya telah menyiapkan 7 Dermaga Reguler dan 1 Dermaga Eksekutif. Sedangkan, Kapal roro dioperasikan sebanyak 65 Armada untuk operasi lintas Bakauheni – Merak, yakni terdiri dari 59 Armada Kapal Reguler dan 6 Armada Kapal Eksekutif.

“Jadwal pelaksanaan Posko Angleb tahun 2023 atau Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, dimulai pada tanggal 12 April hingga 2 Mei 2023 mendatang,” kata dia.

Selain itu, Rudi mengatakan ASDP juga menyiapkan sebanyak 14 Kapal, yamg terdiri dari 11 Kapal Perbantuan dari Merak-Bakauheni, 2 Kapal ALP dan 1 Kapal Pelni pada lintasan Ciwandan – Bakauheni dan Ciwandan – Panjang.

‚ÄúPrioritas kami bagaimana tidak terjadi penumpukan dan kemacetan. Untuk mencapai hal itu kami selalu berupaya yang terbaik. Misal ketika terjadi cuaca ekstrim, terjadi penumpukan, ini sudah kami komunikasikan dengan stakeholder lainnya,” ujarnya.

Untuk mengurangi kemacetan, kata Rudi, pihaknya akan menerapkan sistem delaying yang bekerjasama dengan semua stakeholder, baik TNI dan Polri. Kemudian, menyiapkan beberapa rest area di KM 20 ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) menuju Pelabuhan Bakauheni.

“Bila terjadi lonjakan sepeda motor, kami siapkan kapal khusus untuk melayani kendaraan roda dua supaya secepatnya di seberangkan. Kami juga siapkan tenda khusus untuk penampungan parkir pengendara sepeda motor di areal Dermaga Pelabuhan Bakauheni. Ini juga jadi prioritas kami dari ASDP,” kata dia.

Mengenai pemesanan tiket, kata Rudi, pengguna jasa penyeberangan bisa melakukan pemesanan tiket online melalui aplikasi Ferizy. Dimana, tiket online itu sudah dapat dipesan sejak 60 hari dan paling lambat satu hari sebelum sebelum hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Masyarakat atau pengguna jasa jangan panik dan khawatir. Soalnya sehari kuota tiket bisa mencapai 860 tiket. Dan pemesanan online ini sudah bisa dipesan dari sekarang. Jadi, enggak usah takut kehabisan tiket. Kami imbau kembali sebelum memasuki areal Pelabuhan, masyarakat sudah membeli tiket online,” kata dia.

Dengan persiapan itu, Rudi berharap Angleb 2023 Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Pelabuhan Bakauheni bisa memberikan pelayanan yang prima dan berjalan aman, nyaman dan lancar.

“Mudah-mudahan dengan perencanaan baik, maka hasilnya juga baik. Kami mohon dukungan dari rekan-rekan jurnalis dalam penyiarannya, sehingga bisa seimbang dengan kolaborasi yang baik,” katanya.

Diketahui, demi kenyamanan pengguna jasa penyeberangan pada Angleb 2023, PT. ASDP menyiapkan kurang lebih 1.050 personil. MAN

banner 828x269

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *