Cegah Banjir, Pemdes Margasari Bangun Pintu Air Pelimpasan Air

Print Friendly, PDF & Email
image_pdfimage_print

LAMPUNG SELATAN, Exspost.com — Guna mencegah banjir pada musim penghujan di areal persawahan, Pemerintah Desa Margasari, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, bangun pintu air atau pelimpasan air Dusun Suka Sari. Pembangunan dari program ketahanan pangan itu bersumber dari dana desa (DD) 2024 tahap I.

.

Kepala Desa Margasari, Ade Chandra Putra mengatakan pihaknya tahun ini mengalokasikan pembangunan pintu air atau pelimpasan air senilai Rp.30.604.000. pembangunan ini guna menanggulangi bencana banjir ketika musim penghujan.

.

“Alhamdulillah, tahun 2024 ini, kita bisa merealisasikan pembangunan saluran pintu air di jaringan irigasi tersier yang sudah menjadi skala prioritas sejak tahun 2023. Namun, tidak terealisasi dikarenakan terkendala anggaran,” kata dia.

.

Ucin, sapaan akrabnya, mengatakan pembangunan tersebut sudah dinanti-nanti oleh petani setempat. Sebab, areal persawahan tersebut merupak areal langganan banjir ketika musim penghujan.

.

“Memang sudah menjadi keluhan petani disini. Sehingga, pembangunan pintu air atau pelimpasan ini kami segera realisasikan. Walaupun tidak menyelesaikan secara total, paling tidak mengurangi kebanjiran,” kata dia.

.

Ucin mengaku pembangunan ini juga dilakukan peletakan batu pertama yang dilakukan Camat bersama Uspika dan Pendamping Desa Sragi pada Kamis 25 April 2024.

.

“Saya harap kepada warga atau petani, setelah pembangunan selesai nanti, ayo! kita jaga bersama-sama. Mulai dari sampah yang menyumbat maupun oknum yang mau merusak hasil pembangunan desa,” ujarnya. MAN

banner 828x269

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 720 x 719