Dukung Ketahanan Pangan, Pemdes Baktirasa Tanam Alpukat Aligator 

Print Friendly, PDF & Email
image_pdfimage_print

LAMPUNG SELATAN, Exspost.com —Melalui program ketahanan pangan, pemerintah Desa Baktirasa, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, kini memiliki kebun alpukat. Setidaknya ada 100 pohon alpukat varietas aligator ditanam di tanah desa demi menjaga sumber pangan masyarakat.

Kepala Desa Baktirasa, Sarna mengatakan, penanaman pohon alpukat aligator ini menjadi salah satu kegiatan dari program ketahanan pangan di tahun 2023. “Ini menjadi salah satu kegiatan program ketahanan pangan tahun 2023. Kita menanam alpukat aligator di tanah desa sebagai sumber ketahanan pangan di desa,” kata Sarna, Rabu 25 Mei 2023.

Sarna mengatakan, setidaknya ada 100 pohon alpukat aligator yang ditanam di tanah desa yaitu lapangan desa Canada. “Total semuanya ada 100 pohon alpukat yang kita tanam tahun ini. Sebagian kita tanam di lapangan desa Canada,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Baktirasa, Jajang mengatakan, selain ditaman di tanah desa, sebagian bibit alpukat tersebut juga ditanam di kebun masyarakat dengan sistem kerjasama.

“100 bibit alpukat aligator ini kita tanam di dua titik. Satu titik di tanah desa, sisanya kita tanam di kebun pekarangan masyarakat dengan sistem kerjasama,” katanya.

Jajang berharap dengan upaya penanaman bibit alpukat ini dapat menjadi sumber ketahanan pangan Desa Baktirasa dengan jangka panjang.

“Memang pohon alpukat membutuhkan waktu agak alama untuk berbuah. Namun tanaman ini bisa menjadi sumber pangan jangka panjang, selain itu memiliki nilai ekonomis yang tinggi,” katanya.

banner 828x269

banner 700 × 701

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1581x2400

banner 1581x2400

banner 1581x1700
banner 1581 x 2100