Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi

Print Friendly, PDF & Email
image_pdfimage_print

LAMPUNG SELATAN, Exspost.com — Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali mengalami erupsi sebanyak satu kali pada Senin, 11 September 2023 sekitar pukul 08.42 WIB. Sebelumnya juga terjadi pergerakan aktivitas GAK pada Minggu, 10 September 2023.

“Kemarin dan tadi terjadi erupsi, kemarin erupsi sebanyak 6 kali, dan tadi pagi sekitar pukul 08.42 WIB kembali erupsi. Ketinggian abu vulkanik berkisar 300-1.000 meter ke arah timur,” kata Suarno, petugas Pos Pantau GAK di Desa Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.

Meningkatnya aktivitas GAK hingga berstatus Siaga III, kata dia, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak termakan isu hoaks. “Belum bisa dipastikan atau diprediksi akan terjadi erupsi yang terus-menerus. Namun hal itu bisa saja terjadi, karena GAK menunjukkan aktivitasnya,” ujar Suarno.

Dalam imbauannya, Suarno mengatakan masyarakat diminta untuk mentaati aturan pemerintah dengan tidak mendekati gunung api ini. Hal itu untuk menghindari dampak erupsi. “Yang terpenting masyarakat selalu waspada dan harus mentaati aturan pemerintah dalam radius 5 kilo meter dari puncak GAK,” ujarnya.

Menurutnya, yang dihawatirkan dampak dari erupsi tersebut, adanya lontaran material erupsi. Jika ada abu vulkanik mengarah ke timur, maka harus pakai masker dan yang berkendaraan roda dua pakai helm yang ada kaca. Hal ini dikarenakan abu vulkanik ini sangat berbahaya, baik itu di pernapasan dan iritasi ke mata.

“Untuk masyarakat yang tinggal di pesisir, agar tetap tenang karena aktifitas ini seperti biasa, dan jangan terpancing isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, yang penting waspada,” kata dia. RLS

banner 828x269

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *