Jaga Kerukunan Umat Beragama, Pemdes Baliagung Wujudkan Moderasi Beragama

Print Friendly, PDF & Email
image_pdfimage_print

LAMPUNG SELATAN, Exspost.com — Dinobatkan sebagai kampung Pancasila, Pemerintah Desa Baliagung, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, mewujudkan moderasi beragama di lingkungan desa setempat. Hal ini demi menjaga kerukunan antarumat beragama di desa tersebut.

Hal itu ditunjukkan oleh Kepala Desa Baliagung, Made Wisnu Ngabdi saat umat islam merayakan hari raya idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi. Dirinya bersama aparatur desa setempat mendatangi warganya yang beragama islam yang sedang melaksanakan Sholat raya idul fitri.

Didampingi para tokoh agama umat Kristen dan tokoh agama umat Hindu, mereka mendatangi warga umat islam yang selesai melaksanakan sholat untuk memberikan ucapan Selamat Hari Raya idul Fitri.

“Sebagai Kampung Pancasila kami akan selalu menjaga kerukunan antar umat beragama di desa kami. Untuk itu kami akan selalu menjaga empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, undang-undang dasar 1945, Bhinneka tunggal Ika, NKRI,” kata Wisnu, Sabtu, 22 April 2023 usai bersalaman dengan warga umat Islam.

Dia juga atas nama pribadi dan warganya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1444 Hijriah. Bukan itu saja dirinya juga selalu menghimbau kepada masyarakatnya agar selalu menjaga kerukunan beragama di masing- masing lingkungan.

Sementara itu, Camat Palas Rosalina mengaku bersyukur dengan indahnya toleransi di Desa Baliagung. Hal itu sesuai dengan konsep moderasi beragama demi menjaga kerukunan antarumat beragama di Kecamatan Palas, khususnya di Desa Baliagung.

Dia berharap moderasi beragama itu supaya dapat diterapkan di setiap desa yang memiliki beragam agama. Sehingga, hal itu akan terciptanya kerunanan beragama ditingkat desa.

“Kami sangat mengapresiasi sikap yang ditunjukkan oleh Pemerintah Desa Baliagung bersama tokoh-tokoh. Tentu, harapan kami ini bisa diterapkan di desa lainnya,” kata dia. MAN

banner 828x269

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *