Masyarakat Palaspasemah Kini Bisa Urus Administrasi Kependudukan di Kantor Desa

Print Friendly, PDF & Email
image_pdfimage_print

LAMPUNG SELATAN, Exspost.com —Pemerintah Desa Palaspasemah, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, terus melakukan terobosan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat setempat. Salah satu terobosan itu adalah pelayanan administrasi kependudukan yang kini bisa diurus di desa setempat.

Dengan bekerja sama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lampung Selatan, pelayanan pembuatan dokumen administrasi kependudukan dapat dilakukan di balai Desa Palaspasemah secara gratis.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Desa Palaspasemah, Evan Rastriandana saat ditemui di kantor desa setempat, Senin 8 Mei 2023. Dia mengaku pembuatan dokumen administrasi kependudukan sudah bisa diurus di kantor desa setempat.

“Ya, kami sudah bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lampung Selatan perihal pelayanan kependudukan yang dapat dilakukan di kantor desa. Jadi, masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Kecamatan Kalianda. Cukup ke Kantor Desa sudah bisa dilakukan,” kata dia.

Evan menjelaskan pelayanan administrasi kependudukan yang bisa dilakukan di desa, seperti pelayanan pembuatan dokumen kartu keluarga, akte kelahiran, dan akte kematian. Ketiga pelayanan itu bisa dilakukan tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Intinya pelayanan ini kami ingin mempermudah masyarakat tanpa harus ke Kantor Disdukcapil Lamsel yang jarak tempuhnya cukup jauh. Ketiga pelayanan itu bisa dicetak di desa. Kecuali perekaman e-KTP, ya,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga bisa membantu masyarakat untuk pembuatan kartu identitas kependudukan digital (IKD) atau KTP Digital. IKD tersebut dalam bentuk aplikasi digital yang bisa diakses melalui smartphone.

“Salah satu manfaat IKD ini mempermudah proses verifikasi tanpa harus membawa fisik KTP asli, dapat mempermudah akses ke layanan publik, dan mempermudah mengakses data anggota keluarga. Kemudian, lebih aman dari pemalsuan data penduduk, tidak ada lagi masalah KTP hilang dan tidak perlu dicetak menggunakan blangko,” kata dia yang diamini Sekertaris Desa Palaspasemah, Faisal Ansori.

Sementara itu, Niti, salah satu warga setempat mengatakan ia menyambut baik dengan adanya terobosan yang dilakukan Pemerintah Desa Palaspasemah perihal pelayanan administrasi kependudukan yang dapat dilakukan di kantor desa, tanpa harus ke Kantor Disdukcapil Lamsel.

“Alhamdulillah, kalau sudah bisa diurus di kantor desa. Soalnya, selama ini masyarakat harus menempuh jarak jauh untuk mengurus administrasi kependudukan ke Disdukcapil Lamsel. Jelas, pelayanan ini mempermudah masyarakat,” kata dia. Red

banner 828x269

banner 700 × 701

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1581x2400

banner 1581x2400

banner 1581x1700
banner 1581 x 2100