Mulai Coklit, Petugas Pantarlih Tidak Dilengkapi Atribut Rompi

Salah satu petugas Pantarlih di Kecamatan Palas, Lampung Selatan, saat menempelkan stiker hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) dirumah calon pemilih Pemilu 2024 tanpa memakai atribut rompi. Dok
Print Friendly, PDF & Email
image_pdfimage_print

LAMPUNG SELATAN, Exspost.com — Ratusan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kecamatan Palas, Lampung Selatan, mulai mendatangi rumah rumah warga untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) calon pemilih untuk Pemilu 2024, Minggu 12 Februari 2023.

Namun, sayang dihari pertama dalam menjalankan tugasnya, petugas Pantarlih di Kecamatan Palas belum memakai atribut yang lengkap, seperti rompi.

Diketahui, saat melakukan Coklit ke rumah calon pemilih Pemilu 2024, petugas Pantarlih seharusnya memakai atribut lengkap, seperti topi, rompi dan tanda pengenal.

Menurut keterangan salah satu Ketua PPS di Kecamatan Palas, hingga saat ini petugas Pantarlih belum memiliki atribut lengkap, yakni rompi. Saat ini, petugas Pantarlih hanya memiliki atribut topi dan tanda pengenal.

“Kalau rompi belum ada, mas. Hanya baru ada topi, tanda pengenal dan alat tulis kerja (ATK). Dari PPK nya belum ada,” kata dia.

Menurutnya, kekurangan atribut tersebut bukan hanya di desanya saja, melainkan seluruh petugas Pantarlih se-Kecamatan Palas belum dilengkapi atribut rompi.

“Sampai saat ini belum ada informasi terkait akan didistribusikan rompi itu,” kata dia.

Hal senada diungkapkan, Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Mekarmulya, FT Saputra membenarkan atribut petugas Pantarlih belum lengkap. Bahkan, ia sempat menanyakan kekurangan atribut tersebut.

“Sudah saya tanyakan ke PPS, kok atribut rompi belum ada. Jawaban dari PPS belum ada dan masih menunggu turun dari PPK dan KPU. Atribut wajib dipakai sebagai tanda pengenal dalam menjalankan tugas,” kata dia.

Sementara itu, Anggota PPK Kecamatan Palas, Rizco Angga Ariestama mendampingi Ketua PPK Palas, Hendra Irawan mengaku hingga saat ini atribut rompi untuk petugas Pantarlih belum ada. Bahkan, ia mengaku di Lamsel baru Kecamatan Natar, Rajabasa dan Sragi yang sudah didistribusikan atribut rompi.

“Seharusnya pakai rompi. Cuma penditribusiannya belum sampai. Untuk Kabupaten Lamsel baru tiga kecamatan, Natar, Rajabasa dan Sragi yang sudah didistribusikan,” kata dia yang diamini Anggota PPK lainnya, Ketut Purne.

Menurutnya, atribut rompi itu akan didistribusikan ke PPK hingga ke Petugas Pantarlih hari ini 13 Februari 2023. “Insyaallah, sore ini dikirim kalau tidak ada hambatan,” kata dia. MAN

banner 828x269

banner 700 × 701

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1581x2400

banner 1581x2400

banner 1581x1700
banner 1581 x 2100