Pelaksana Pembangunan BTS di Palas Abaikan K3

Print Friendly, PDF & Email
image_pdfimage_print

LAMPUNG SELATAN, Exspost.com —¬†Pelaksana Pembangunan menara tower Base Transceiver Station (BTS) di Desa Baliagung, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, diduga abaikan keamanan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bagi pekerja.

Padahal sesuai dengan Permenaker Nomor 09 tahun 2016 Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Pekerjaan Pada Ketinggian, mewajibkan kepada pengusaha dan atau pelaksana pembangunan untuk menerapkan K3 dalam bekerja di ketinggian.

Berdasarkan pantauan di Tim Media Exspost.com, para pekerja yang membangun BTS Provider Indosat tersebut tidak ada yang dilengkapi dengan keamanan kesehatan dan keselamatan.

Diketahui, setidaknya ada tiga pembangunan BTS Provider Indosat di Kecamatan Palas, yakni di Desa Tanjungjaya, Bumidaya dan Baliagung. Disetiap lokasi, para pekerja satupun tidak dilengkapi K3. Ketiga TBS tersebut dikerjakan oleh CV. Delvin.

Menurut warga Desa Baliagung, Sujane, dirinya menyayangkan para pekerja pembangunan BTS itu tidak memakai keamanan. Padahal, pekerjaan mereka sangat beresiko yang bisa berdampak dengan keselamatan para pekerja.

“Proyek pembangunan BTS itu sangat rentan dengan kecelakaan. Apalagi para pekerja tidak ada yang memakai keamanan keselamatan. Bertaruh dengan nyawa itu,” kata dia.

Sementara itu, Penanggungjawab Proyek BTS, Sunaryo, mengakui pihaknya tidak menerapkan kelengkapan K3 saat bekerja. Ia mengaku justru lebih aman tidak menerapkan K3.

“Sebenarnya sudah disiapkan dan diharuskan menggunakan kelengkapan K3. Tapi, kami sudah terbiasa tidak memakai Safety (keamanan). Justru, kalau pakai safety itu kami ribet, kami kerja enggak leluasa,” ucapnya pada saat ditemui dilokasi proyek, Sabtu, (4/11/2023).

Dia juga mengaku pembangunan BTS di Desa Baliagung telah berjalan dua pekan terakhir atas naungan CV. Delvin. Bahkan, ia mengaku pihaknya juga yang mendirikan BTS di Desa Tanjungjaya dan Bumidaya.

“Kalau di Desa Baliagung ini sudah berjalan dua minggu ini, mas. Sebelumnya, kami juga yang mendirikan BTS di Desa Tanjungjaya dan Bumidaya. Semua dikerjakan oleh CV. Delvin,” kata dia. YOG

banner 828x269

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *