Pemdes Sukapura Alokasikan BLT-DD 2023 Rp90 juta

Kepala Desa Sukapura, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, Giyanto saat menandatangani hasil Musdesus penetapan BLT-DD 2023 di kantor desa setempat, beberapa hari yang lalu. Armansyah
Print Friendly, PDF & Email
image_pdfimage_print

LAMPUNG SELATAN, Exspost.com — Pemerintah Desa Sukapura, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, mengalokasikan anggaran bantuan langsung tunai (BLT-DD) 2023 sebesar Rp90 juta. Anggaran tersebut untuk digulirkan kepada 25 keluarga penerima manfaat selama 2023.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Desa Sukapura, Giyanto saat ditemui belum lama ini. Dia mengaku pihaknya telah melaksanakan musyawarah desa khusus (Musdesus) penetapan jumlah penerima BLT-DD 2023.

“Berdasarkan hasil verifikasi faktual terhadap calon penerima BLT-DD, setidaknya ada 25 KPM yang ditetapkan untuk menerima bantuan sosial itu. Penetapan tersebut melalui Musdesus dan ditetapkan didalam Peraturan Kepala Desa (Perkades),” kata dia.

Dia mengaku masing-masing KPM BLT-DD akan menerima bantuan uang tunai yang bersumber dari anggaran DD sebesar Rp300 per bulan. Artinya, dalam satu tahun (2023), setiap KPM menerima bansos sebesar Rp3,6 juta.

“Jadi, alokasi BLT-DD yang akan kami anggarkan untuk tahun ini sebesar Rp90 juta. Untuk teknis penyalurannya kami masih menunggu Juknis dan intruksi dari Pemkab Lamsel,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Desa Sukapura, Dwi Wahyu Mulya Praja mengatakan ke-25 KPM yang ditetapkan tersebut memiliki kriteria yang sesuai Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023.

“25 KPM yang ditetapkan itu, terdiri dari keluarga miskin ekstrim, keluarga dengan anggota sakit kronis atau menahun dan keluarga dengan anggota lanjut usia,” kata dia. MAN

 

banner 828x269

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 720 x 719