Tingkatkan Penghijauan Kawasan Bakauheni Harbour City, ASDP dan Pemprov Lampung Gelar Penanaman Pohon

Print Friendly, PDF & Email
image_pdfimage_print

LAMPUNG SELATAN, Exspost.com —Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bersama dengan Pemprov Lampung melaksanakan kegiatan penyerahan dan penanaman bibit pohon yang dilakukan di Kawasan Bakauheni Harbour City (BHC) pada Kamis (8/6/2023).

Kegiatan penyerahan 550 bibit dan penanaman pohon secara simbolis di Kawasan BHC dilakukan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung kepada Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Harry MAC.

Harry MAC menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya bersama dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan. “Kami menyadari betapa pentingnya keberlanjutan alam sekitar khususnya menjaga keindahan dan keberlanjutan Provinsi Lampung. Untuk itu, program penanaman bibit pohon ini merupakan upaya nyata dalam menjaga keseimbangan ekosistem,” ujarnya.

Gubernur Lampung yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Lampung, Fahrizal Darminto mengatakan bahwa penghijauan ini merupakan salah satu bentuk perubahan image bagi lingkungan pelabuhan. “Biasanya kawasan sekitar pelabuhan dikenal kurang ramah lingkungan dengan adanya banyak kendaraan besar yang melintas. Namun dengan program seperti ini maka kita menjadikan kawasan BHC sebagai tujuan wisata yang memiliki value tersendiri. Mudah-mudahan bibit yang ditanam di bawah rintik hujan ini dapat tumbuh dengan subur,” tuturnya.

Secara simbolis dilakukan penanaman pohon beringin sebagai bentuk komitmen dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan memperkuat sinergi dan upaya pelestarian alam. “ASDP berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dan menjaga keberlanjutan alam. Melalui program ini, kami berharap dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat serta menjadi agen perubahan dalam menciptakan dunia yang lebih baik dan lestari,” tutur Harry.

Ia juga mengapresiasi seluruh stakeholders dan masyarakat yang telah mendukung pembangunan Kawasan Bakauheni Harbour City tersebut. “Atas dukungan seluruh pemangku kepentingan, Alhamdulillah mimpi bersama ini perlahan-lahan menjadi nyata dan semoga dapat menjadi tujuan wisata bukan hanya bagi pemudik tapi juga masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa hingga akhir tahun perkembangan kawasan BHC akan terus berlanjut sesuai dengan pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir beberapa waktu lalu. “Potensi Bakauheni yang luar biasa dapat terus dikembangkan. Kita telah berinvestasi pada pembangunan kali ini dan tentu perlu dukungan dari pemerintah daerah serta masyarakat agar proyek ini dapat berjalan dengan lancar,” ujar Menteri Erick.

Renovasi Menara Siger Capai 100 Persen

Pembangunan kawasan terintegrasi Bakauheni Harbour City terbagi dalam tiga tahap. Pada Tahap I periode jangka waktu 2022-2025, terbagi menjadi Tahap IA untuk masa 2022-2025 dengan luas area pengembangan mencapai 41,9 hektare (ha). Pada tahap ini BHC difokuskan pada pembangunan yang menjadi prioritas Proyek Strategis Nasional (PSN) yakni berupa pengembangan fungsi utama pendukung aktivitas pelabuhan yaitu pembangunan theme park, hotel, dan komersial UMKM.

Pada pembangunan BHC tahap I yang telah rampung dan diresmikan adalah Masjid BSI dan Selasar Siger BTN. Adapun proyek Menara Siger saat ini telah sampai di tahap 100 persen konstruksi dan ditargetkan dapat menyelesaikan pembangunan Amphitheather serta area parkir Siger Park. Selain itu, progres Siger Market Mandiri telah mencapai 96 persen dan ditargetkan akan selesai pada akhir Juni 2023.

Adapun untuk proyek Creative Hub BNI masih dalam pengerjaan mencapai 51 persen dan ditargetkan dapat rampung pada minggu ke-4 bulan Juli 2023. Kemudian, untuk proyek Krakatau Park yang merupakan kerja sama ASDP dengan Jatim Park Group diharapkan dapat menjadi destinasi wisata berkonsep tempat bermain (theme park) dengan wahana yang melengkapinya antara lain ferrys wheels, taman bunga, gallery Krakatau, wahana air, 4D cinema, ghost house, bumper car, air bike, tornado, giant slide, airbon shoot, animal coaster, rodeo, dan dark side Krakatau. HMS

banner 828x269

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *