Truk Asal Sumatera Dialihkan ke Pelabuhan Bandar Bakau Jaya

Print Friendly, PDF & Email
image_pdfimage_print

LAMPUNG, Exspost.com — Jelang libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, aturan larangan truk di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, mulai diberlakukan, Jumat, 5 April 2024. Dimana, Kendaraan truk asal Sumatera yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten dialihkan ke Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ).

Humas PT ASDP Cabang Bakauheni, Saiful Harahap mengatakan aturan larangan truk tersebut sudah menjadi keputusan bersama antara Korlantas Polri, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Bina Marga, dan Kementerian PUPR.

“Memang keputusan bersama. Kendaraan truk asal Sumatera yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten dialihkan ke Pelabuhan BBJ,” kata dia.

Menurutnya, pengalihan rute penyeberangan tersebut menjadi salah satu kesiapan PT ASDP. Sementara, dalam pelaksanaan aturan oleh Polres Lampung Selatan beserta tim gabungan dari intansi pendukung kelancaran mudik lainnya.

“Untuk kesiapan kelancaran mudik lainnya, PT ASDP cabang Bakauheni juga telah menambah fasilitas penunjang seperti loket portable untuk R2 dan R4. Dengan harapan semua jenis kendaraan dapat terlayani dengan baik dan lancar,” kata Saiful.

Dia mengatakan guna mengantisipasi terjadinya kemacetan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, tim gabungan kelancaran mudik mulai memberlakukan aturan pembatasan kendaraan truk. Pengalihan rute penyeberangan melalui Pelabuhan BBJ.

Berdasarkan pantauan di lokasi, arus mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni mulai meningkat. Bahkan, antrean kendaraan yang akan menyeberang dari Sumatera ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni mulai meningkat sejak Kamis malam, 4 April 2024.

Kendaraan roda dua, roda empat pribadi, dan bus cukup mendominasi dalam arus mudik tersebut. Jika melihat data dari PT ASDP Bakauheni per 4 April 2024, pihaknya sudah mengoperasikan 35 kapal beropersai dengan 117 trip.

“Kalau untuk strategi dan mengantisipasi lonjakan penumpang, ASDP sudah melakukan koordinasi ke pihak kepolisian, TNI, Basarnas, dan intansi lainnya. Salah satunya menyediakan posko-posko penyekatan di beberapa lokasi termasuk di rest area tol,” katanya. TIM

banner 828x269

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 720 x 719