Puluhan Warga Palaspasemah Geruduk Kantor Desa Minta Kejelasan Penyaluran Bantuan Bapanas

Print Friendly, PDF & Email
image_pdfimage_print

LAMPUNG SELATAN, Exspost.com — Puluhan masyarakat Desa Palaspasemah, Kecamatan Palas Lampung Selatan, geruduk kantor desa setempat, Senin 5 Februari 2024 pagi. Kehadiran masyarakat itu untuk mempertanyakan perihal penyaluran bantuan beras dari Bapanas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada 2024 ini masyarakat kembali digulirkan bantuan beras sebanyak 10 kilogram setiap keluarga penerima manfaat (KPM). Namun, pada tahun ini jumlah penerima bantuan beras di Desa Palaspasemah alami penurunan drastis dibandingkan pada 2023.

Menurut salah satu masyarakat Desa Palaspasemah, Burnadi, puluhan masyarakat setempat datang ke kantor desa setempat untuk meminta kejelasan kepada Pemerintah Desa Palaspasemah. Sebab, pada 2023 jumlah penerima bantuan beras capai ratusan KPM.

“Kami minta kejelasan apa yang telah terjadi. Sehingga bantuan beras dari Bapanas tinggal sedikit. Itupun kali ini disalurkan melalui kantor pos,” ujarnya, kemarin.

Sementara itu, Kepala Desa Palaspasemah, Evan Rastriandana mengatakan jumlah penerima bantuan beras dari Bapanas sebelumnya mencapai 445 KPM. Namun, pada 2024 ini jumlah penerima hanya 22 KPM.

“Saya juga kaget ketika data turun hanya ada 22 KPM. Sedangkan, tahun kemarin capai 445 KPM. Data ini turun melalui kantor pos. Saat saya tanyakan perihal jumlah penerima turun drastis, pihak kantor pos pun kebingungan,” kata dia.

Mengenai perihal tersebut, kata Evan, pihaknya bersama pihak Kecamatan Palas berupaya berkoordinasi dengan Pemkab Lamsel. Sebab, dengan jumlah penerima turun drastis seperti ini, akan menjadi sorotan bagi masyarakat.

“Terus terang, kalau bantuan beras ini diturunkan untuk 22 KPM saja, jauh dari jumlah sebelumnya capai 445 KPM, lebih baik tak usah sekalian. Tentu ini akan menjadi boomerang bagi kami aparatur desa. Ini bisa menimbulkan kegaduhan di masyarakat,” kata dia.

Terpisah, Camat Palas, Rosalina mengatakan sebagai pelayan masyarakat, ia akan turut membantu berkoodinasi dengan Pemkab Lamsel. Namun, ia tidak bisa berjanji bila jumlah penerima kembali 445 KPM.

“Akan kami usahakan. Tapi, kami tidak janji. Tolong kasih kami waktu untuk berkordinasi dengan Pemkab Lamsel. Saya berharap masyarakat Desa Palaspasemah untuk menunggu,” kata dia. EDI/MAN

banner 828x269

banner 700 × 701

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1581x2400

banner 1581x2400

banner 1581x1700
banner 1581 x 2100